Jumat, 30 Oktober 2015

Manfaat Belajar Matematika

Bagi sebagian orang mungkin tidak memahami apa manfaat belajar matematika, atau mungkin males jika mendengar kata " matematika " apa lagi bagi kamu yang masih duduk di bangku sd smp maupun sma. pertanyaan itu nyata saya dengarkan ketika ada seorang teman saya yang menjadi guru bimbel matematika di sebuah sekolah swasta di wilayah pamulang, tangerang selatan. saya hanya menganggap bahwa pernyataan itu adalah sebuah alasan karena dia malas untuk belajar matematika. Kita coba perhatikan ilustrasi berikut ini yah :

" Matematika itu buat apa sih pak " ?

" Emang matematika di pakai di kehidupan sehari - hari yah ? "

 Dan masih banyak lagi pertanyaan yang lainya ?

Saya pun sempat berpikiran mengenai pertanyaan yang demikian, tetapi dulu, dulu waktu saya masih sekolah sd, smp hingga sma. setiap kali saya mengalami kebuntuan dalam mengerjakan soal matematika maka saya langsung putus asa dan menganggap matematika apa sih sebenarnya fungsinya itu ? tapi lain halnya dengan saat ini, saya merasakan sekali kesenangan terhadap mata pelajaran matematika tersebut, bahkan sudah lupa rasanya benci terhadap materi pelajaran matematika.

les privat matematika di tangerang selatan


Tahukah kalian ? semua ciptaan Alloh SWT di bumi ini pasti ada manfaatnya . dalam kehidupan sehari - hari kita sering menjumpai sesuatu yang memberikan manfaat yang berbeda - beda untuk jenis orang . Contoh saja sampah, sampah sangat tidak berguna bagi khalayak umum bahkan saya juga merasakanya, tetapi bagi petugas kebersihan sampah menjadi sangat berarti karena keberadaanya memberikan dia pekerjaan dan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup bagi keluarganya.

Nah, kembali lagi ke topik kita kenapa sih belajar matematika susah - susah ? untuk apa sih matematika itu ? tentunya juga demikian matematika mempunyai berbagai manfaat bagi masing - masing orang tentunya. karena matematika sendiri dahulu kalanya di temukan tidak secara utuh, yakni terpecah menjadi beberapa bagian.

Ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa matematika tidak juga di pakai dalam kehidupan sehari - hari, tapi logikanya matematika sendiri muncul karena adanya permasalahan kehidupan. bukankah begitu ya ? hehehe ...

Sebenarnya apa manfaat matematika bagi kita sih ? 


Bagi seorang pedagang, matematika jelas sangat di butuhkan dalam setiap transaksi perdaganganya. agar tidak salah dalam mengembalikan uang dan bisa memperoleh keuntungan. dengan matematika, pedagang dapat menentukan laba - rugi usahanya, sehingga di peroleh keuntungan yang menjadi sumber kehidupan keluarganya.

Bagi penyuka matematika seperti seorang guru matematika, ilmu tersebut juga dapat menjadi sumber rejeki karena seorang guru matematika mendapatkan uang dari hasil mengajar mat pelajaran matematika tersebut bukan ?

Bagi siswa, matematika menjadi sebuah syarat untuk untuk melanjutkan pokok bahasan ke materi matematika selanjutnya. selain itu matematika juga menjadi pokok mata pelajaran lainya seperti akan mempelajari mata pelajaran fisika, kimia, akutansi dan lainya, makanya matematika sering di sebut sebagai ibu dari semua mata pelajaran.

Bagi penerbit buku, matematika akan menghasilkan penghasilan karena dengan adanya pelajaran matematika, penerbit dapat bekerja mencetak dan menerbitkan buku mata pelajaran matematika.

Sudah tahukan manfaat belajar matematika, bagaimana dengan kamu ? apa ada manfaat atau pengalaman lain belajar matematika ?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar